Novel Dunia Sophie Karya Jostein Gaarder

Kategori: Novel | 529 Kali Dilihat
Novel Dunia Sophie Karya Jostein Gaarder Reviewed by csbukuoriginal on . This Is Article About Novel Dunia Sophie Karya Jostein Gaarder

Jual Novel Dunia Sophie – Sinopsis Novel  : Sophie, seorang pelajar sekolah menengah berusia empat belas tahu. Suatu hari sepulang sekolah, dia mendapat sebuah surat misterius yang hanya berisikan satu pertanyaan: “Siapa kamu?” Belum habis keheranannya, pada hari yang sama dia mendapat surat lain yang bertanya: “Dari manakah datangnya dunia?”… Selengkapnya »

Rating: 1.0
Harga: Rp 135.000 Rp 130.000

Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU :
Stok Tersedia
0.6 Kg
24-10-2019
Detail Produk "Novel Dunia Sophie Karya Jostein Gaarder"

Jual Novel Dunia Sophie – Sinopsis Novel  :

Sophie, seorang pelajar sekolah menengah berusia empat belas tahu. Suatu hari sepulang sekolah, dia mendapat sebuah surat misterius yang hanya berisikan satu pertanyaan: “Siapa kamu?”

Belum habis keheranannya, pada hari yang sama dia mendapat surat lain yang bertanya: “Dari manakah datangnya dunia?”

Seakan tersentak dari rutinitas hidup sehari-hari, surat-surat itu mempuat Sophie mulai mempertanyakan soal-soal mendasar yang tak pernah dipikirkannya selama ini. Dia mulai belajar filsafat.

IDENTITAS NOVEL DUNIA SOPHIE
Penulis : Jostein Gaarder
Penerbit : Mizan Kronik
ISBN : 978-979-433-574-1
Terbit : Mei 2017
Ketebalan : 800 halaman
Ukuran : 13 x 20,5 cm
Sampul : Soft cover

Resensi / Review Novel Dunia Sophie :

Para penggemar buku bertema filsafat di Indonesia paling tidak pernah mendengar buku karya Jostein Gaarder, penulis berkebangsaan Norwegia ini. Buku yang satu ini telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 50 bahasa di dunia, Bahasa Indonesia termasuk salah satunya. Aslinya, buku Dunia Sophie ditulis dalam Bahasa Norwegia dengan judul “Sofies Verden”.

Penjualan buku ini mencapai lebih dari 30 juta eksemplar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Dunia Sophie diterbitkan oleh Penerbit Mizan tahun 1996 (Sumber :Wikipedia). Sampai saat ini, Dunia Sophie masih bisa ditemui di toko buku-toko buku terkenal seperti Gramedia dan Gunung Agung dengan harga Rp109.000,- (Gramedia Online untuk versi yang diterbitkan ulang).

Jostein Gaarder konsisten menulis buku bertema filsafat dan dongeng anak-anak. Selain Dunia Sophie, Jostein Gaarder juga menghasilkan beberapa buku lainnya dengan tema-tema hampir serupa yakni filsafat, dongeng, dan anak-anak. Gaarder memang hampir selalu menggunakan anak-anak atau remaja tanggung sebagai tokoh utama dalam novel garapannya. Dalam hal ini, Gaarder menyampaikan alasannya yaitu bahwa anak-anak/remaja memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga begitu dekat dengan dunia filsafat atau para filsuf yang selalu mempertanyakan segala sesuatu. Anak-anak atau remaja merupakan “sahabat” para filsuf.

Dunia Sophie memiliki lebih dari 500 halaman. Buku ini mengisahkan tentang Sophie Amundsen, remaja berusia 15 tahun yang tinggal bersama ibunya. Suatu hari Sophie menemukan sebuah surat di kotak surat depan rumahnya. Dari situlah surat menyurat antara Sophie dan seorang pria misterius bernama Alberto Knox bermulai. Knox konsisten mengirimkan surat demi surat yang berisi tentang sejarah filsafat kepada Amundsen. Knox menjelaskannya per periode filsafat, dari filsafat kuno hingga modern. Dari situlah Sophie mengembangkan daya berpikirnya mengikuti alur atau cara berpikir seorang filsuf. Ia mulai mempertanyakan banyak hal!

Selama proses surat-menyurat berlangsung, Sophie banyak mengalami kejadian-kejadian aneh yang tidak masuk akal. Secara akal sehat sangat sulit dijelaskan. Namun jika terus membaca hingga tuntas, rasa penasaran pembaca akan terjawab. Bagi yang tidak pernah membaca tentang filsafat sebelumnya, buku ini akan terasa berat dan memusingkan (filsafat sendiri sudah cukup membingungkan dan memusingkan). Namun buku ini sangat bagus bagi yang ingin memahami filsafat secara runut berdasarkan periodisasi karena disampaikan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. Harus sedikit bersabar ketika mengalami kebosanan membaca halaman per halaman yang panjang dan tebal. Jika mau bersabar dan terus membaca sampai tuntas, saya jamin tidak akan merasa menyesal. Akan ada kejutan-kejutan luar biasa di akhir cerita!

Saya merasakan efek yang luar biasa ketika dan sesudah membaca buku ini. Saya merasa seperti Sophie dalam buku tersebut. Pembaca diajak untuk berpikir ala seorang filsuf. Ada banyak pertanyaan-pertanyaan dasar filsafat yang menggugah dan menggelisahkan, memaksa kita untuk kembali berpikir tentang hakekat hidup kita sebagai manusia. Selain itu, buku ini memaksa kita untuk berpikir dan merenungkan kembali banyak hal. Bagi yang tidak siap dengan konsekuensi membaca buku ini, disarankan untuk tidak usah membacanya sama sekali. Karena setelah membaca buku ini, saya yakin pandangan kita terhadap banyak hal akan berbeda. Tapi jika tetap merasa penasaran, bolehlah dicoba dan tanggung sendiri konsekuensinya!

Buku ini membuat saya ingin membaca buku-buku karya Jostein Gaarder lainnya. Sebelum mencari buku-buku karyanya, saya mencari lebih jauh tentang si penulis. Saya menemukan beberapa artikel di pencarian internet yang menggambarkan latar belakang si penulis. Penulis sendiri merupakan seorang berkewarganegaraan Norwegia yang pernah mengajar filsafat di Sekolah Menengah Atas di Norwegia. Dia dikenal sebagai penulis yang seringkali menggunakan sudut pandang anak-anak dalam karya-karyanya. Hal ini terlihat dari sekian banyak karya-karyanya yang populer, sebut saja Dunia Sophie, Gadis Jeruk, Dunia Anna, Dunia Cecilia, Misteri Solitaire, Perpustakaan Ajaib Bibbi-Bokken, dan lain-lain.

Namun di antara sekian banyak buku hebat karya Jostein Gaarder, Dunia Sophie merupakan yang terbaik sekaligus menggelisahkan. Kita tidak hanya disuguhkan cerita bertema filsafat dalam sudut pandang anak remaja, tetapi juga kehidupan sehari-hari yang layak menjadi renungan. Jika tertarik membaca bukunya, kalian bisa membelinya secara online atau mendapatkan versi e-booknya. Tapi menurut saya, sebaiknya membeli buku versi cetak asli yang diterbitkan oleh penerbit resmi untuk menghargai karya penulisnya.

( sumber : https://housedotofdotheart.wordpress.com/ )

– jual novel dunia sophie –

Tags: , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp

Chat kami
1
Ada yang bisa dibantu?
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?